SMPN 11 dan SMPN 23 Depok Laksanakan Qurban Di Sekolah

Uncategorized

SMPN 11 dan SMPN 23 Depok Laksanakan Qurban Di Sekolah
Depok, Siasat Kota
Peringatan Idul Adha setiap tahun merupakan berkah bagi ummat Muslim, yang biasanya dibarengi penyembelihan hewan kurban. Kegiatan berkurban saat Idul Adha sudah merupakan tradisi bagi ummat Islam karena sudah merupakan kewajiban bagi kaum muslimin dan muslimat untuk merayakannya tak terkecuali SMP Negeri 11 Depok yang beralamat di Komplek Sukatani permai Jalan Murbai Sukatani, Kelurahan Sukatani, Tapos, Depok.

Pada hari Kamis, 23 Mei 2018, tepat sehari setelah perayaan Idul Adha 1439 H, SMP Negeri 11 Depok menyambelih 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang di dilaksanakan di halaman sekolah, yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Penyembelihan hewan kurban di SMPN 11 sudah merupakan rutinitas sekolah ini disetiap peringatan hari besar Idul Adha.
Diawali dengan prosesi penyerahan hewan kurban yang akan disembelih oleh pihak sekolah kepada ketua komite sekolah, Krisnodanu selaku perwakilan dari orang tua yang selanjutnya diserahkan kepada ketua panitia, H. Saefudin untuk disembelih dan selanjutnya dibagi kepada kurang lebih 250 siswa dan puluhan orang warga kampung sekitar sekolah, khususnya warga yang kurang mampu. “1 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang disembelih adalah yang terkumpul dari Infaq dari siswa dan juga guru-guru yang menyumbang dengan sukarela, dan kurbannya dibagikan kepada warga sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terlebih warga kampung yang tinggal di sekitar sekolah,” ungkap Salim sehabis pemotongan hewan kurban.
Salim menambahkan, acara potong kurban di SMPN 11 ini sudah merupakan acara rutinitas di setiap peringatan Idul Adha yang diayakini akan mampu memberi dan menambah semangat keikhlasan dan semangat berbagi untuk saling memberi sesama kepada siswa yang kurang mampu. Selain itu, untuk meningkatkan jalinan tali silaturahmi dan meningkatkan rasa persaudaraan seluruh stake holder SMP Negeri 11.
Dan akhirnya, Salim tak lupa mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada mitra sekolah atas partisipasi infaqnya dan kepada orang tua siswa Yudistira anak kelas 7.4 yang turut menyumbangkan 1 ekor kambing. “Semoga Allah SWT memberi keberkahan dan meridhoi kita semua,” tutupnya.

Kurban SMPN 23 Depok Libatkan Semua Unsur Sekolah
Sementara di lokasi yang sama, SMPN 23 Depok yang masih seatap dengan SMPN 11 Depok turut memeriahkan perayaan kurban tahun 2018 ini. Walaupun SMPN 23 ini masih menumpang Gedung di SMPN 11, tetapi Kepala Sekolah, jajaran Guru dan Tenaga Kependidikan beserta orang tua, Komite dan semua siswa, dengan sukarela mengumpulkan Infaq Qurban hampir setahun demi berkurban di tahun 2018 ini. “Dan akhirnya dengan kekurang-sempurnaan, tahun ini kami bisa berkurban 1 ekar sapi,” syukur Rela, Kepala Sekolah SMPN 23 Depok usai penyembelihan hewan kurban.
Rela menambahkan kurban SMPN 23 tahun 2018 ini menyediakan 1 ekor sapi, yang merupakan hasil dari Infaq kurban siswa, guru dan para stafnya. Dan akan diberikan kepada 150 siswa SMPN 23 Depok yang hingga saat ini terdata sebagai siswa kurang mampu. “Kurban ini bertujuan melatih siswa untuk belajar berkurban, mau berbagi dan peduli sesama dan kepada orang lain yang kurang mampu, supaya sejak dini, pada diri anak tertanam rasa peduli dan rasa berbagi, sehingga terbawa perilaku hingga kelak dewasa,” ungkap Rela.

Sementara Nasyada, Ketua OSIS SMPN 23 Depok menyampaikan rasa bangga dan harunya atas terlaksananya kurban tahun ini, sebab dengan keadaan yang jauh dari cukup, SMPN 23 Depok masih bisa berbagi dengan sesame yang kurang mampu. “Pada kenyataannya, banyak teman-teman siswa yang menyisihkan uang jajannya, dan berinfaq, demi terlaksananya kurban tahun ini. Tak lupa kami ucapkan terima kasih atas dukungan segenap orang tua siswa dan Komite Sekolah dalam kegiatan ini,” jelas Nasyada usai penyembelihan hewan kurban.(Budiman)

Leave a Reply