PWI Beri Gelar Bapak Kemerdekaan Pers Indonesia untuk BJ Habibie

Uncategorized

PWI Beri Gelar Bapak Kemerdekaan Pers Indonesia untuk BJ Habibie
JAKARTA, SIASAT KOTA
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberikan gelar Bapak Kemerdekaan Pers Indonesia untuk mendiang presiden ke-3 RI, BJ Habibie. Penghargaan ini diberikan karena jasa Habibie yang memberikan kebebasan berpendapat kepada pers Indonesia.

“Kami merasa ada sesuatu harus diberikan kepada bapak karena kami sadar betul bahwa kebebasan pers itu kita dapatkan di era Pak Habibie,” ujar Ketua PWI Pusat Atal S Depari, di rumah Habibie, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).
Dalam kesempatan itu, Atal ditemani Ketua Bidang Luar Negeri Abdul Aziz, anggota Dewan Kehormatan PWI Asro kamal Rokan, dan Sekretaris Dewan Kehormatan Ilham Bintang.
Penghargaan berupa piagam dan plakat ini diterima langsung oleh putra pertama Habibie, Ilham Akbar Habibie.

Penghargaan kemerdekaan pers ini disebut bukan yang pertama kali diberikan oleh PWI untuk Habibie. Ilham Bintang menambahkan PWI juga pernah memberikan medali kemerdekaan pers kepada Habibie pada 2013.

“Kalau ada yang bertanya kenapa baru sekarang Pak Habibie mendapatkan penghargaan ini, sebenarnya tidak. Pada 2013 Hari Pers Nasional, itu memberi penghargaan medali kemerdekaan pers kepada Pak Habibie. Ini bapaknya kemerdekaan pers,” ujar Ilham Bintang. (Bachtiar)

Leave a Reply