KPK Sebut Korupsi di Lapas Sukamiskin Sistematis

Nasional Uncategorized

KPK Sebut Korupsi di Lapas Sukamiskin Sistematis
Jakarta, Siasat Kota
Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akan menggelar rapat dengar pendapat dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin, (23/7), hari ini. Agenda utama dalam rapat membahas mengenai program prioritas serta anggaran yang diperlukan.
Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan dalam rapat juga akan menyinggung kasus suap yang menjerat Kalapas Sukamiskin, Wahid Husein. “Biasanya berkembang [dari program prioritas dan anggaran], apa yang ditangani oleh KPK ke depan. KPK melakukan apa itu akan didiskusikan,” jelas Agus.
Bagi Agus, kasus suap Kalapas Sukamiskin ini sangat krusial mengingat ada keterlibatan pejabat negara di dalamnya. Alih-alih mengubah sikap pelaku korupsi yang dijebloskan ke dalamnya, pengelolaan lapas justru menjadi ‘bisnis’ korupsi.
“Kejadian itu penting, karena itu kita menganggapnya bukan oknum lagi, itu udah sistematik gitu ya. Tujuan kita memasukkan ke lapas itu kan nanti supaya saat kembali ke masyarakat menjadi sadar, menjadi baik lagi. Tapi kalau pengelolaannya banyak korupsi itu kan sangat memprihatinkan,” tegas dia.
Agus menyebutkan, tidak hanya di Sukamiskin, beberapa lapas juga terdeteksi ada jual-beli sel mewah seperti yang diduga dilakukan oleh Wahid Husein. Dia berharap ada reformasi mendasar agar prilaku korupsi seperti ini bisa dihindari. (BACHTIAR)

Leave a Reply