Penembakan di Michigan, Remaja Bunuh Orangtuanya

Ekonomi Hukum Politik

Kepolisian di Mount Pleasant, Michigan, Amerika Serikat (AS) mengumumkan tengah memburu seorang remaja berusia 19 tahun. Sebab, seperti diberitakan CNN Jumat (2/3/2018), remaja tersebut melakukan penembakan di Universitas Central Michigan (CMU).

Letnan Polisi CMU, Larry Klaus berkata, James Eric Davis Jr melarikan diri pasca-membunuh dua orang di lantai empat Asrama Campbell pukul 08.30 waktu setempat. Klaus menjelaskan, korban bernama James Davis Sr dan Diva Davis yang notabene adalah orangtua Davis. Sebelumnya Kamis (1/3/2018), Davis sempat dibawa ke Rumah Sakit McClaren karena diduga mengalami overdosis narkoba.

“Oleh rumah sakit, dia diperbolehkan untuk pulang. Jadi, kami menduga ini adalah insiden internal mereka,” kata Klaus kepada Sky News. Saat ini, lanjut Klaus, kepolisian masih melakukan pencarian, dan mengumumkan kalau Davis sebagai individu yang berbahaya dan bersenjata. “Sejauh ini, kami belum menerima laporan dari masyarakat, atau petugas lapangan, mengenai keberadaan remaja itu,” papar Klaus. Penembakan tersebut, diwartakan CNN, menjadi penembakan ke-12 di sekolah di AS sepanjang 2018 ini.

Seorang mahasiswai, Halie Byron, berkata dia langsung mengunci pintu kamarnya ketika penembakan berlangsung. “Sangat mengakutkan jika memikirkan pelaku berhasil masuk dengan mudah ke mana saja. Entah itu ruang kelas atau perpustakaan,” ujar mahasiswi 20 tahun tersebut.

Adapun Gubernur Michigan, Rick Snyder, dalam konferensi pers menjelaskan kalau tidak ada korban luka selain kedua orangtua Davis. “Kami tidak akan berhenti hingga kami berhasil menghentikan pelaku,” tegas Snyder dilansir Reuters.com. Penembakan di Universitas Central Michigan terjadi dua pekan setelah insiden di SMA Marjory Stoneman Douglas Parkland, Florida (14/2/2018). Sang pelaku, Nikolas Cruz, melakukan penembakan massal, dan menewaskan 17 orang murid dan guru serta 15 orang lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Penembakan di Michigan, Remaja Bunuh Orangtuanya”, https://internasional.kompas.com/read/2018/03/03/11234351/penembakan-di-michigan-remaja-bunuh-orangtuanya
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Leave a Reply