Kapolres Humbahas Lakukan Bimbingan & Arahan Pada Apel Siaga Linmas Pemilu 2019

Nasional Politik

Humbahas, SiasatKota.com

Di halaman kantor Bupati di hadiri 1286 orang peserta petugas LINMAS dari 143 TPS ikut Apel dan mendengar bimbingan dan arahan Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP.Dr.MHD.R.DAYAN.SH.MH dan hadir pada kesempatan tersebut Bupati Humbahas, DANDIM 0210/TU, Kajari Humbahas, Ketua KPU, dan seluruh jajaran Pemkab Humbang Hasundutan (09/04).

Kapolres Humbahas AKBP.Dr.MHD.R.DAYAN.SH.MH dalam bimbingan dan arahannya mengatakan “Apel siaga di selenggarakan bagi seluruh petugas ketertiban atau LINMAS TPS di Kabupaten Humbang Hasundutan untuk mengecek kesiapan personil sebelum di turunkan ke lapangan dalam rangka mensukseskan PEMILU 2019.  Penyelenggaraan PEMILU di perlukan situasi dan kondisi yang kondusif sehingga masyarakat yang berhak memilih dapat menyalurkan aspirasi politik dengan aman, tenang, dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggara Pemilu di perlukan LINMAS yang sigap, cekatan, prima, disiplin dan profesional.

Pada pasal 2 Peraturan Menteri dalam negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang penugasan Satuan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggara pemilihan umum di sebutkan LINMAS mempunyai :

  1. Menjaga dan memelihara ketentraman,ketertiban dan kemanan di setiap TPS.
  2. Berkoordinasi dengan Instansi terkait dalam menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban  dan keamanan di setiap TPS .

 

Kapolres Humbahas AKBP.Dr.R.Dayan,SH.MH menegaskan “LINMAS mampu melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan timbulnya ancaman faktual yang dapat mengganggu atau menggagalkan PEMILU 2019, TUGAS LINMAS dalam pengamanan dan ketertiban di TPS antara lain :

  1. Melakukan pemeriksaan di dalam TPS dan sekelilingnya bersama Ketua dan seluruh Angggota KPPS beserta saksi yang hadir.
  2. Menjaga ketentraman dan ketertiban para pemilih di tempat yang di tentukan.
  3. Mempersilahkan para pemilih yang akan masuk ke TPS dan menerima titipan dari pemilih berupa barang barang yang tidak boleh di bawa ke dalam TPS.
  4. Mempersilahkan para pemilih untuk meninggalkan TPS serta mengambil barang titipannnya setelah para pemilih melaksanakan Hak pilihnya.
  5. Mengatur ketertiban Masyarakat yang akan menyaksikan pelaksanaan perhitungan suara di TPS.

Sebelum mengakhiri arahannnya Kapolres Humbahas Dr.MHD.R.Dayan.SH.MH mengatakan “marilah kita jadikan Apel Siaga LINMAS ini untuk memantapkan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan PEMILU 2019. Semoga Tuhan Yang maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, perlindungan dan kekuatan kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara”.(Charles PS/Red)

 

 

Leave a Reply