Diduga Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Seberida Inhu, PUNGLI

Pendidikan Politik
Inhu, SiasatKota.com
 
Di Tahun ajaran baru ada pungutan liar di SMAN 2 SEBERIDA di Desa Kelesa Kecamatan Seberida Kabupaten Inragiri Hulu sebesar Rp 1.703.000/calon siswa.
 
Informasi Inipun didapatkan dari wali murid yang inisial (Shg) tidak mau disebutkan nama lengkapnya, “Pak gimana nasib anak kami pak, tidak di terima di SMAN 2 SEBERIDA. Sementara kami penduduk kecamatan Seberida ini.”
 
Ketika dicari Informasi ke Sekolah SMAN2 SEBERIDA benar adanya, ketika ditanyakan ke wali murid yang hadir tanggal 10 Juli 2019 jam 9.30 WIB mereka resah dan cemas jika uang pembayaran daftar ulang, uang meja kursi sebesar Rp 203.000, uang baju Rp 1.200.000, uang MOS Rp 150.000, uang SPP bulan Juli Rp 150.000 harus dibayarkan, jika tidak di bayar anak kami tidak diperbolehkan Sekolah disini. Pungkas salah satu wali murid yang hadir.
 
Ketika di konfirmasi salah satu penduduk asli tempatan Desa Kelesa yang mau mendaftarkan ulang anak juga sangat kecewa atas pihak Sekolah yang tidak pernah di rapatkan Komite Sekolah. Padahal waktu pembebasan lahan Sekolahan ini di pungutan biaya juga ikut gotong royong pembutan jalan. “Saya sangat kecewa.” pungkas tutup tokoh masyarakat tempatan itu.
 
Ketika di konfirmasi kepala Sekolah membenarkan adanya pungutan itu. “Benar itu sudah saya kordinasikan kepihak Dinas Pendidikan Provinsi. Inipun saya belajar dari tahun kemarin banyak yang bayar. Komite di jumpai dirumahnya tidak pernah ada. Siswa yang kemarin mendaftarkan ada 84 orang siswa.” tutupnya enggan memberi komentar banyak. Ketika di konfirmasi panitia penerima siswa baru seorang Guru Honor membenarkan uang pendaftaran itu, dengan rasa takut.
 
Di tengah  program Pemerintah Pusat pembenahan SDM masyarakat Indonesia masih ada yang berani bertindak Pungli, kami masyarakat Indonesia meharapkan pihak instansi terkait Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi juga Pemerintah Kabupaten agar ditindak keras para pelaku PUNGLI. Di Dinas Pendidikan bagaimana anak penerus bangsa mau Sekolah aja sudah di bebani biaya yang sangat Mahal. orang bijak berkata. Hukum tumpul kok ke atas tajamnya kok bawah. (DSS)

Leave a Reply