UNBK SMPN 20 Depok Berjalan Lancar

HOME Pendidikan

Depok-Siasatkota.com, Setelah selesai melaksanakan Ujian Sekolah berbasis Kertas Pensil (USKP) dan Ujian Sekolah Berbasisi Komputer (USBK), seluruh SMP yang ada di kota Depok menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tak hanya itu, seluruh SMP seluruh Indonesia mengikuti UNBK serentak selama 4 hari, yakni pada Senin sampai Kamis (22-25 April 2019).
Tak terkecuali yang diselenggarakan SMPN 20 Depok. Seluruh siswa kelas 9 nya, sebanyak 174 orang mengikuti UNBK dalam keadaan sehat jasmanidan rohani. Untuk UNBK tahun 2019, SMPN 20 Depok melaksanakannya dalam 2 sesi, dengan rincian 1 sesi diikuti 87 siswa, yang dibagi dalam 2 ruang dengan masing-masing 44 dan 43 siswa.

Pada pelaksanaa UNBK hari ketiga, pada Rabu (24/04/2019), Kepsek SMPN 20 Depok, Komar S. menyampaikan, untuk menunjang kelancaran proses UNBK tersebut SMPN 20, menyediakan 100 unit perangkat komputer yang sudah termasuk cadangan. Sementara 2 orang pengawas dari SMPN 9 Depok ditunjuk Disdik kota Depok untuk memastikan keberlangsungan UNBK di ruangan. “Untuk menjamin ketersediaan koneksi atau jaringan internet, kami menugaskan 1 orang proktor di tiap ruangan, yang dikoordini 1 orang teknisi, yang kesemuanya adalah dari SMPN 20. Sampai hari ketiga ini, belum ada hal-hal yang menjadi kendala, baik teknis maupun non teknis. Mudah-mudahan hari terakhir besok, semua siswa bisa mengikuti UNBK dan jaringan tidak terganggu,” lanjut Komar.

Lebihlanjut Komar mengatakan guna meningkatkan kemampuan akademis siswa dalam menghadapai UNBK 2019, SMPN 20 Depok lebih mengintesifkan waktu pada proses Belajar Mengajar, sehingga materi belajar kelas 9 sudah selesai di akhir Februari 2019. Tak hanya itu, untuk mencapai target menembus peringkat 10 besar nilai rata-rata UNBK SMPN se-kota Depok, SMPN 20 Depok juga mengadakan pendalaman materi dan latihan soal-soal khusus mata pelajaran yang akan di UNBK-kan. “Sementara untuk meningkatkan semangat moral dan kepercayaan diri siswa dalam menghadapi UNBK ini, kami telah mengundang Eka, salah seorang motivator dari kalangan Akademisi untuk memotivasi kemauan anak. Bahkan sebelum USKP dilaksanakan pun, kita telah menggelar doa bersama, yang disemangati oleh seorang Ustadz supaya USKP, USBK dan UNBK tahun 2019 ini berjalan lancar dan sesuai dengan harapan SMPN 20,” tutupnya.•BUDIMAN 

Leave a Reply