Pelepasan Siswa Kelas IX SMPN 12 Depok Berlangsung Sederhana

HOME Pendidikan

Depok,Siasatkota.com  Meski hanya dilakukan di sekolah dan tanpa pendampingandari orang tua masing-masing di acara pelepasan  siswa/siswikelas  IX, tidak menyurutkan semangat anak-anak dalammengikuti seluruh rangkaian prosesi  perpisahan yang dilaksanakan oleh SMP Negeri  12 Depok. Terlihat anak-anakbegitu antusias dan penuh semangat mengikuti seluruh prosesacara perpisahan dari awal hingga akhir. Anak-anakkelihatannya paham betul kenapa pelaksanaan perpisahan inidilakukan begitu sederhana, yang tak lain adalah sekolah taatakan Peraturan Walikota (Perwal). Yang menurut kepalasekolah, bahwa setiap sekolah yang mengadakan perpisahanbagi anak didiknya cukup diadakan di lingkungan sekolah saja, yang kedua sekolah  sangat memahami akan keadaan  paraorang tua.

Simbolis Penyerahan Tanggungjawab Asuh Anak dariSekolah ke Orang Tuan

Menurut Kepsek SMPN 12 Depok, H. Yusuf, pelaksanaanacara pelepasan siswa kelas IX ini sengaja tidak melibatkan paraorang tua siswa. Pelepasan tahun ini adalah kali kedua secaraberturut-turut diselenggarakan di sekolah. Hanya terlihatrangkaian tenda ala kadarnya untuk melindungi para peserta dariterpaan terik yang kebetulan hari cerah. Kami tidak maumembebani orang tua, lebih baik mereka fokus memikirkankeberlanjutan pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi.Pada perpisahan kali ini tidak ada biaya yang dikeluarkan orangtua siswa. Biarlah sekolah lain melaksanakannya  ditempatmewah, di  Hotel atau di gedung  bahkan ada juga yang melaksanakannya di luar kota  Depok seperti di Bandung, Jogja  atau  kota lain. Anak-anak jangan berkecil hati, yang terpentingadalah kebersamaan kita dan makna dari pelepasan itu sendiri,’’ pungkas Yusuf menyemangati dalam sambutannya.

Sementara Pengawas sekaligus Pembina SMPN 12 Depok, Daningsih Kurniasari mengatakan ada kurang lebih 27.000 jumlah siswa yang melaksanakan UNBK di Kota Depok.Diantaranya 149 orang yang hari ini harus melakukan UNBK susulan karena berbagai alasan. Bersyukurlah kalian hari inibisa melaksanakan perpisahan ini. Jangan pernah melihatdimana tempatnya, yang terpenting adalah makna dariperpisahan tersebut yaitu dampak positif dari pendidikan yang diterapkan oleh SMPN 12 ke jenjang yang lebih tinggi. Sayadengar dari Kepala sekolah ,bawa pelepasan siswa kelas IX diSMP 12 ini  sudah 2 kali di adakan disekolah. Saya ancungkanjempol dan saya ucapkan selamat semoga di tgl 29 Mei, saatpengumuman kelulusan nanti, semua mendapat hasil sesuaiharapan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Daningsih juga menyampaikan pesan KepalaDinas Pendidikan Kota Depok, yakni ketika pengumuman nanti, jangan pernah ada coretcoret, jangan merayakan kelulusandengan berlebihan, pawai, melanggar hukum yang merugikandiri sendiri maupaun orang lain. Ketika sudah diterima disekolah  yang dinginkan, harap melapor ke sekolah asal, untukpendataan,” lanjutnya menyampaikan pesan dari Kadisdik.

Acara pelepasan ini turut dihadiri juga oleh H. DanangSuhanda, Ketua Komite Sekolah Depok, guru-guru serta tenagakependidikan SMP Negeri 12 Depok.BUDIMAN

Leave a Reply