Mengakhiri UNBK 2019, Kepsek SMPN 6 Depok Ucapkan Sukses dan Himbau Tidak Melakukan Euforia Berlebih

HOME Pendidikan

Depok-SiasatKota.com , Setelah melewati rangkaian Ujian Sekolah Berbasis Kertas Pensil (USKP)) dan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK), pada Senin hingga Kamis (22-25 April 2019) SMPN 6 Depok melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pada tahun 2019 ini, UNBK SMPN 6 Depok, diikuti sebanyak 361 siswa, yang dibagi dalam 2 sesi.
Menurut Kepala Sekolah Sumarno, SMPN 6 Depok tahun ini sanggup menyediakan 200 perangkat komputer, sudah termasuk cadangan, guna mendukung pelaksanaan UNBK. Dimana dalam 1 sesi, diikuti 181 dan 180 peserta, yang dibagi rata dalam 5 ruangan ujian. Setiap ruang menyertakan 1 orang pengawas dari SMPN 3 dan SMPN 22 Depok. Juga didukung 1 orang proktor per ruangan, dengan dikoordinir 1 orang teknisi, untuk menjamin kelancaran koneksi internet dalam pelaksanaan ujian. “Jadi setiap ruang ada sekitar 36 dan 37 siswa peserta UNBK. Sementara pengawas dan proktor masing-masing sebanyakk 5 orang, yang ditempatkan di tiap ruangan. Dengan 1 orang teknisi yang bertugas untuk menangani yang berhubungan dengan koneksi internet,” jelasnya.

Sumarno menyampaikan, sampai hari terakhir pelaksanaan UNBK, ke-361 siswa ikut melaksanakan ujian. Pada tahun 2018 yang lewat, SMPN 6 Depok menempati peringkat ke-5 SMPN se-kota Depok untuk nilai rata-rata UNBK. “Saya berharap, semoga tahun 2019 ini, siswa SMPN 6 mencapai sukses dan memperoleh hasil nilai rata-rata UNBK yang lebih baik lagi. Ya, mudah-mudahan bisa di peringkat 3 besar,” ungkapnya.


Lebih lanjut Sumarno menyampaikan harapannya, untuk tahun 2020 USKP SMPN se-kota Depok bisa seragam menggunakann komputer. “Sebab tidak bisa dipungkiri di masa sekarang ini, dengan tekhnologi, proses belajar mengajar di sekolah, saat melaksanakan ujian pun akan sangat terbantu. Bahkan dengan teknologi tersebut, saya yakin akan mampu meningkatkan standar dan kualitas pendidikan, baik dari sisi akademis maupun non akademis, asal dikelola dengan baik,”lanjutnya.

Seusai siswa kelas 9 melaksanakan UNBK 2019, Sumarno mengucapkan selamat sukses bagi para calon alumni SMPN 6 Depok dalam menggapai cita-cita ke jenjang selanjutnya. Tak lupa juga berpesan untuk tidak meluapakan kegembiraan setelah menyelesaikan UNBK dengan euforia yang berlebihan. Kembalikan buku yang kamu pinjam, supaya nanti bisa dipakai adek-adekmu. Sepulang dari sekolah ini, langsung balik ke rumah, jangan melakukan coret-mencoret seragam. Cukup kamu berdoa pertanda bersyukur kamu, selama belajar 3 tahun ini,” saran Sumarno kepada semua siswa SMPN 6 Depok yang sudah menyelesaikan UNBK tahun ini.•BUDIMAN

Leave a Reply