Warga Tetap Datang Olahraga Pagi

Area UI Ditutup, Warga Tetap Datang Olahraga Pagi

Jakarta,Siasatkota.com, — Kawasan kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, terlihat dikunjungi warga sekitar untuk berolahraga pada Minggu (14/6) pagi, meski sudah terpasang spanduk soal pengumuman resmi penutupan area.

Dari pengumuman tersebut, tertulis pula bahwa Gerbang Selatan UI dari arah Jalan Margonda, Depok, hanya dibuka khusus untuk pasien Covid-19 yang akan ke rumah sakit.

Di Jalan Lingkar Utara menuju kawasan hutan UI, terlihat deretan mobil pribadi terparkir ditinggalkan oleh pemiliknya. Rata-rata pengunjung yang datang bersama keluarga atau kerabatnya tak bermasker, namun tetap menjaga jarak dengan rombongan lain.

Beberapa pengunjung mengeluarkan sepeda lipat mereka dari bagasi mobil, dan menggunakannya untuk berkeliling kawasan kampus.

Ada pula yang datang dengan bersepeda motor untuk berjalan santai, jogging atau bermain badminton, voli, dan sepak bola.

Desi (29), warga Kelapa Dua, datang bersama suami dan anaknya yang berumur lima tahun. Aktivitas jalan santai ia mulai sekitar pukul 07.00 WIB sembari menggandeng anaknya yang bersepeda roda tiga.

“Tiap Minggu memang biasa begini. Enak buat olahraga adem juga, kan, dan enggak terlalu ramai,” ucapnya kepada CNNIndonesia.com di kawasan kampus UI.

Menurutnya, kawasan kampus UI relatif aman untuk berolahraga bersama keluarga karena mungkinkan jarak antar pengunjung bisa terjaga.

Meski ramai, kata dia, nyaris tak pernah ada kerumunan orang di satu titik kawasan kampus.

“Kalau di rumah mau olahraga, kan, agak susah. Ruang geraknya terbatas. Hawanya juga lebih enak di sini,” imbuhnya.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Depok sendiri belum berakhir hingga 2 Juli 2020.

Kota Depok sendiri ini masih berada di level 3 atau berkategori cukup berat terkait laju penyebaran Covid-19.

Karena itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memutuskan bahwa Depok tetap memberlakukan PSBB Proporsional berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 443/Kep.304-Hukham/2020.

Leave a Reply