Gubernur Jambi Kumpulkan Kepala Daerah Bahas Permasalahan Karhutla

Kesehatan Moralitas Nasional
Jambi, SiasatKota.com
 
Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengumpulkan para kepala daerah Kabupaten Kota di Provinsi Jambi guna membahas permasalahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Jambi.
 
Kamis (19/09/2019) di audiotorium rumah Dinas Gubernur Jambi Fachrori Umar memimpin rapat yang terpantau dihadiri Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhutla, Kol Inf Elphis Rudy. Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS, wakil ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra, serta seluruh kepala daerah Bupati dan Walikota se Provinsi Jambi. 
 
Gubernur Fachrori dalam sambutannya mengatakan bahwa rapat ini bertujuan untuk membahas langkah kongkrit dalam penanangan karhutla. “Sebagian besar udara di wilayah Provinsi Jambi sudah masuk kondisi tidak sehat, bahkan berbahaya dan sudah mengganggu kelancaran aktivitas sosial ekonomi masyarakat,”ujarnya. 
Menurutnya, hal ini tentu mengharuskan kita untuk mengambil langkah serius dalam penanganan kabut asap ini. “Mari kita bersama-sama mencari solusi terbaik, efektif dan efisien untuk mengatasi persoalan kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap ini dan tentunya saya berharap komitmen dan keseriusan semua pihak untuk berkontribusi sesuai kewenangan dan tugasnya. Saya yakin jika kita bisa bersinergi mensolusii persoalan ini dapat segera teratasi,” katanya. 
 
Dia menceritakan bahwa sebelumnya Pemerintah Provinsi Jambi telah berupaya mengantisipasi bencana karhutla dengan menetapkan status siaga darurat kebakaran. “Dari tanggal 23 Juli 2019 sampai dengan 20 Oktober 2019 mendatang. Beberapa kegiatan pencegahan dan pengamanan kebakaran hutan dan lahan, ancaman bahaya Karhutla masih akan selalu tinggi dan kita harus waspada dan mengantisipasi agar kebakaran hutan dan lahan tidak semakin luas,” katanya. 
 
Untuk itu, kata dia. Pihaknya mewajibkan perusahaan-perusahaan yang ada di Jambi ini untuk turut serta membantu dalam penanganan karhutla. “Ikut serta membantu penyediaan sarana dan prasaran untuk kelancaran penanganan Karhutla yang terjadi di Jambi,” pungkasnya. Selain itu, dia juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk tidak segan dan pandang bulu dalam menindak pelaku pembakar hutan dan lahan di wilayah Jambi ini. (PM)
 

 

Leave a Reply