Tim Asistensi Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM Polda Kep. Babel Periksa Polres Belitung Timur

Beltim, Siasat Kota, Polres Beltim – Zona Integritas adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada K/L/P yang pimpinan dan jajaran nya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) /Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)  melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Sementara itu, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi syarat indikator hasil WBK dan memperoleh hasil penilaian indikator proses di atas 75 pada ZI yang telah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WDP) dari BPK atas laporan keuangannya.

Polri sebagai salah satu lembaga pelayanan masyarakat dan penegak hukum berkomitmen untuk menuju ZI sesuai dengan keputusan bersama antara Kapolri dengan menteri Pendayagunaan aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : KB/1/IV/2008 tentang tata cara pembangunanan Zona Integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

Polres Belitung Timur sendiri yang di bawah pimpinan AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H bekomitmen dan mencanangkan ZI di tubuh Polres Beltim dan Polsek jajaran, dengan sudah melakukan beberapa langkah, saat ini Polres Belitung Timur sudah menyatakan siap  ZI di wilayah kerja Polres Belitung Timur dan jajaran. Berbagai ruang pelayanan publik terus diperbaiki dan ditingkatkan untuk memaksimalkan pelayanan Kepolisian di Kesatuan Polres Belitung Timur.

Polres Belitung Timur berkomitmen, Zona Integritas ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Belitung Timur, diharapkan dengan pencanangan ZI dapat memacu kinerja personel Polres Beltim dalam menjalankan tugas pokok Polri (Pelindung, Pelayan dan Pengayom masyarakat). Pencanangan ZI untuk wilayah kerja Polres Beltim sudah sejak tanggal 30 Desember 2019, 

“Saya mencanangkan program ZI di seluruh aspek kinerja Polres Beltim. Diharapkan seluruh personel dalam melaksanakan tugas selaku insan Polri lebih bersih dan terhindar dari budaya korupsi serta selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Kapolres
.

Dalam ZI ini ada beberapa hal yang menjadi acuan di beberapa fungsi Polri, terutama yang langsung melaksanakan fungsi pelayanan Kepolisian kepada masyarakat. Ada yang harus mendapatkan perhatian dan atensi khusus bagi Polres Beltim untuk menuju ZI antara lain memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Hari ini, Tim Asistensi Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM Polda Kep. Babel melakukan pemeriksaan di Polres Beltim. Tim yang di pimpin oleh AKBP  Agung Budi Pratomo, SIK, M.H yang didampingi oleh 4 orang personel, Aipda Irhandi, Brigadir Heri Irawan, Bripda Aryo, Bripda Fariz. Bukan hanya administrasi yang di lakukan pemeriksaan oleh Tim Asistensi, namun ruang pelayanan Satpas Polres Beltim, Ruang pelayanan terpadu (1 pintu), Ruang penerbitan SKCK, Ruang Ibu menyusui, Ruang pojok baca, bahkan sampai ke Toilet yang disiapkan di tempat pelayanan turut menjadi sasaran pemeriksaan Tim Asistensi.

Secara Intens AKBP Agung Budi Pratomo, SIK, M.H mencerca berbagai pertanyaan kepada petugas pelayanan yang memang setiap saat stand bye untuk melayani masyarakat. Semua pertanyaan dari Ketua Tim Asistensi dapat secara lugas dijawab oleh petugas pelayanan. Harapan Kapolres, Polres Beltim akan mencapai target sesuai dengan yang diharapkan untuk menuju dan mencapai predikat WBK dan WBBM. dv/nnd (Ris)

Leave a Reply