Ringankan Beban Mahasiswa, PT Timah Berikan Bantuan Kepada Pemkab Beltim 300 Rapid Test

Beltim, Siasat Kota – Sebanyak 300 rapid test diberikan oleh PT Timah Tbk kepada Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, pada Selasa (23/6/2020) untuk membantu meringankan biaya mahasiswa yang akan kembali melanjutkan kuliah.

Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktolseja terkait bantuan alat rapid test tersebutvminta pemerintah daerah Beltim bekerjasama dengan RSBT, agar sumbangan dari PT Timah Tbk ini bisa digunakan untuk mahasiswa.

“Mahasiswa juga harus mengetahui keberangkatannya keluar daerah untuk melanjutkan kuliahnya kapan, karena  rapid test ini hanya untuk tiga hari. Jadi surat kesehatan di keluarkan oleh RSBT dan gratis,” jelas Fezzi kepada Posbelitung.

Selain itu dia juga meminta  jika bantuan itu jadi untuk mahasiswa, rapid test dilakukan di Beltim saja mengingat di Beltim juga ada klinik PT Timah Tbk.

“Jadi mahasiswa asal Beltim tidak harus ke Tanjungpandan, adanya rapid test juga kan dapat meringankan biaya mahasiswa kita yang akan kembali melajutkan kuliah,” saran Fezzi.

PT Timah Tbk juga meminta agar mahasiswa yang di rapid test tersebut dapat menjadi duta kesehatan, minimal menyampaikan ke keluarganya tentang protokol kesehatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin menyampaikan Pemkab Beltim mensuport dan mengapresiasi atas bantuan yang diberikan oleh PT Timah Tbk berupa penyerahan Rapid test.

“Atas seijin Bupati Beltim direncanakan Rapid test ini diperuntukan untuk kepentingan masyarakat terutama bagi mahasiswa yang akan kembali kuliah ke luar Belitung. Dan diharapkan dengan bantuan ini dapat meringankan beban mahasiswa yang akan kembali kuliah,” ujar Aan.

Dia berharap bantuan ini dapat dioptimalkan Tim Gugus Tugas Belitung Timuur untuk membantu mahasiswa.

Sementara itu, Kepala Unit Produksi Belitung PT Timah Tbk Anton Saputra menuturkan pemberian bantuan ini sebagai Bukti bahwa PT Timah Tbk komitmen dalam upaya ikut penanggulangan Covid-19 di wilayah Bangka Belitung.

“Sebelumnya telah dilakukan penyerahan APD ke Pemda Beltim rapid test sebanyak 300 unit untuk Kabupaten Belitung, dan 200 unit ke RSBT yang diperuntukan mahasiswa di Pulau Belitung secara gratis bagi mahasiswa yang akan kembali kuliah ke luar Pulau Belitung,” jelas Anton.

Dia berharap Covid-19 ini dapat segera berakhir dan new normal segera berjalan sehingga berdampak pada operasional PT Timah Tbk dengan lancar.  (*/Vm/Ris)

Leave a Reply