GUBERNUR JAMBI DAN ROMBONGAN MENUJU LOKASI PEMBANGUNAN LAPAS KELAS II JAMBI YANG BERTEMPAT DI PONDOK MEJA, DI DEPAN SEKOLAH POLISI NEGARA (SPN) JAMBI, KABUPATEN MUARO JAMBI. PEMERINTAH PROVINSI JAMBI SUDAH MENYEDIAKAN TANAH SELUAS 10 HEKTAR, UNTUK PEMBANGUNAN LAPAS DI LOKASI YANG BERHADAPAN DENGAN SPN JAMBI.

Pemprov Jambi Hibahkan 10 Hektar untuk Lapas Baru

DAERAH Ekonomi

Jambi, SiasatKota – Pelaksana Tugas Gubernur Jambi, Fachrori Umar meninjau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Jambi, Rabu (16/01) untuk meninjau dampak banjir beberapa waktu yang lalu terhadap Lapas tersebut. “Dari hasil peninjauan tadi dapat disimpulkan bahwa penyebab kebanjiran, apabila curah hujan terlalu besar dan lama, sudah dipastikan banjir di lapas karena drainase yang ada terlalu kecil dan tidak mampu menampung curah hujan tersebut. Tahun ini kita sudah anggarkan pada Dinas PUPR untuk meluruskan dan memperlebar serta memperbaiki drainase tersebut tapi tidak seluruhnya, mesti bertahap,” ujar Fachrori.
Usai peninjauan di Lapas Kelas II A Jambi, Plt. Gubernur Jambi dan rombongan menuju lokasi pembangunan Lapas Kelas II Jambi yang bertempat di Pondok Meja, depan Sekolah Polisi Negara (SPN) Jambi, Kabupaten Muaro Jambi. “Pemerintah Provinsi Jambi sudah menyediakan tanah seluas 10 hektar, untuk pembangunan lapas di lokasi yang berhadapan dengan SPN Jambi. Kita tinggal menunggu penyelesaian administrasinya saja, agar kita tidak salah Setelah selesai surat menyurat segera kita serahkan, untuk pembangunannya nantinya dari Kementerian Hukum dan HAM RI,” kata Fachrori. Fachrori mengatakan, setelah selesai proses surat menyurat segera diserahkan kepada Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi jambi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi, M Fauzi menyampaikan, saat kejadian banjir dirinya langsung turun ke lapangan dengan beberapa kepala bidang dan kepala balai melihat langsung penyebab banjir. “Langsung kami rapat untuk mencarikan solusinya. Alhamdulillah,tahun ini kita dapat memperbaiki drainase yang ada di sekitar lapas yang terlalu kecil dan ditelusuri terus jalannya juga berbelok-belok,” ujar Fauzi. Tahun ini, menurut Fauzi, drainase diperbesar dan sebagian diluruskan. Kemudian sebagian arus sungai dialihkan agar saluran yang ada tidak terlalu besar. “Secara bertahap alur drainase ini terus kita benahi agar banjir di Kota Jambi dapat teratasi,” kata Fauzi.

Dalam peninjauan tersebut, Fachrori didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Ahmad Bastari, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi Muhamad Fauzi, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jambi Arif Munandar, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah, dan Bagian Aset Daerah (Biro Pengelolaan Barang Milik Daerah), Kakanwil Kemenkumham Jambi Agus Nugroho Yusuf dan kepala Lapas Klas II A Jambi, Yusran. 􀁺PM

Leave a Reply