Kunjungan Presiden RI Joko Widodo Di Kabupaten Humbang Hasundutan Dalam Rangka Memutuskan Perencanaan Pengelolaan Danau Toba Menjadi Sebuah Destinasi Wisata

Ekonomi Nasional
TABODO: Presiden RI Ir Joko Widodo, Gubsu Edy Rahmayadi dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE memperhatikan kopi khas Humbang Hasundutan merk Tabodo saat berada di wisata Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan. (29/7)

Humbahas, SiasatKota.com

Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Geosite Sipinsur Kecamatan Paranginan dan Lokasi Pertanian dan Peternakan di Kecamatan Pollung didampingi Ibu Negara Iriana ,serta rombongan dari  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubsu Edy Rahmayadi (29/7) .

Kehadiran Presiden RI dan rombongan di Sipinsur disambut Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dan ribuan masyarakat,bahkan di sepanjang jalan mulai dari Bandara Internasional Silangit menuju wisata Sipinsur, masyarakat sudah menunggu-nunggu kehadiran Kepala Negara RI itu. Suara histeris masyarakat menyebut ‘Pak Jokowi, Horas Pak Jokowi, Presiden kami sambil melambaikan tangan dan Pak Presiden pun ikut melambaikan tangan kepada masyarakat sambil tersenyum.

Kunjungan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka memutuskan perencanaan pengelolaan Danau Toba menjadi sebuah destinasi wisata yang berkelas dan menjadi tempat untuk dikunjungi. Setelah sekian waktu dilihat dan diperhatikan secara detail, Danau Toba memiliki 28 destinasi baik dari sisi alam, budaya, air dan sejarah.

Untuk mewujudkan destinasi Danau Toba ini, membutuhkan investasi dan anggaran yang cukup besar, maka di perlukan perencanaan pengelolaan dengan baik agar terwujud menjadi destinasi yang berkelas.

Sambil memandang pemandangan alam Sipinsur , Presiden RI Joko Widodo  dan rombongan menuju pameran kopi dengan merk Tabodo yang merupakan kopi khas Humbang Hasundutan. Presiden dan Ibu Negara mencicipi kopi dan mengatakan bahwa kopi jenis Lintong Arabica itu enak. “Enak” kata Jokowi sambil menyodorkan kopi tersebut kepada Iriana yang berada disebelahnya. “Enak” kata Iriana lagi.

Kunjungan Presiden ke Sumut, berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 29-31 Juli 2019. Hari pertama, Senin (29/7) langsung ke wisata alam Sipinsur di Desa Pearung Kecamatan Paranginan Humbang Hasundutan yang merupakan kampung kelahiran Pahlawan Melanthon Siregar.  Selanjutnya Presiden dan rombongan menuju Tapanuli Utara, Tobasa, Simalungun dan Samosir. Hari terakhir, Rabu (31/7) Presiden kembali mengunjungi Kabupaten Humbang Hasundutan untuk meninjau peternakan sapi belgian blue, kerbau dan pertanian di Desa Parsingguran II Kecamatan Pollung.

Di Pollung, rombongan RI 1 disambut Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora dan ribuan masyarakat yang sudah sejak pagi menunggu. Tiba di lokasi , Presiden RI meninjau lahan pertanian bawang putih, bawang merah, jagung, kentang, jeruk, andaliman dan tanaman lainnya.

Dihari yang sama pada saat acara puncak HUT ke-16 Kabupaten Humbang Hasundutan, Menteri Hukum dan HAM Prof Yasonna Hamonangan Laoly sempat meresmikan kantor Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas II Non TPI (Tempat Pelayanan Imigrasi) Pematangsiantar di Kabupaten Humbahas di Jalan Sisingamangaraja Doloksanggul. (Jerson/Red)

Leave a Reply