Hearing DPRD

Jambi – siasatkota.com

Ormas PEKAT IB Menyambut Baik Undangan Rapat Hearing DPRD Provinsi Jambi Terkait Tertundanya Pembangunan Fly over

Organisasi Masyarakat Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (PEKAT IB) Jambi menyambut baik undangan Rapat Dengar Pendapat (Hearing) dari Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Prov Jambi Terkait Pembangunan jembatan layang (Fly over) simpang Mayang  yang acaranya dilaksanakan di ruang rapat Komisi III DPRD pada tanggal 20 November 2019  jam 09.00 pagi. Kedatangan Ormas PEKAT IB dipimpin langsung ketua DPW PEKAT IB  Bp.Hendri Hariyono bersama ketua OKK DPW Bp.Praniko, ketua DPD Kota Bp.Nurman, OKK DPD Kota Bp.Ardiansyah dan segenap pengurus organisasi Pekat IB Prov. Jambi.
 
Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi Bp Dr.Ir.Ahmad Fauzi, MT dalam acara itu turut didampingi Wakil ketua Bp. H.Bustami Yahya,SH, Sekretaris Bp.Fadli  Sudria, SE, Bp.Ivan Wirata,ST dan Jajaran Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Dewan melalui Ketua komisi Bp.Fauzi menyampaikan apresiasi ke masyarakat/organisasi masyarakat Pekat IB yang turut serta dalam pengawasan program pembangunan pemerintah dan menjelaskan bahwa pada dasarnya DPRD setuju dan mendukung pembangunan flyover. Flyover akan dibangun sepanjang 389,9 meter dengan lebar 14,5 meter yang menghubungkan ruas jalan simpang Tugu Juang sampai simpang STM Atas dan jalan layang sepanjang sekitar 800 meter tersebut akan dibuat dengan dua jalur nantinya pengendara baik dari Tugu Juang maupun STM Atas tidak perlu tertahan di lampu merah pertigaan simpang Mayang.
 
Flyover ini dananya sudah di anggarkan sebesar 198 M tersebut namun karena belum rampungnya persiapan teknis dari Dinas Pupr ditunda sampai tahun 2021. Anggota Dewan melalui Bp.Ivan Wirata yang juga mantan pejabat Kadis Pupr Provinsi Jambi periode 2011-2014 ini menyampaikan bahwa permasalahan teknis seperti belum selesainya proses pembebasan lahan khusus kawasan simpang mayang, belum adanya penganggaran Pemprov Jambi untuk pemindahan instalasi listrik, belum adanya konsep rekayasa lalulintas yang jelas saat proses pembangunan flyover dijalankan dikarenakan pengerjaannya 12 bulan hanya bisa efektif dilakukan pada malam hari dan mobilitas terbatas di siang hari, belum lagi papan merk yang dikontrak pemerintah kota harus ditutup  dan juga terhadap pembangunan Jambi Bisnis Centre (JBC) kawasan Simpang Mayang wajib menyiapkan sistem drainase dan itu perlu pengkajian yang benar. Dana yang dianggarkan 198 M termasuk juga aksesoris dan yang bisa menjawab itu dengan pola pembiayaan multiyears selanjutnya dana dikembalikan ke Dinas Pupr dialihkan untuk program perbaikan jalan Provinsi Jambi, katanya.
 
Ketua DPW Pekat IB Bp.Hendri Hariyono dalam Hearing ini menyampaikan sebagai masyarakat kami mendukung kinerja Dewan dan Pemerintah Provinsi Jambi dan jangan gaduh dengan ‘defisit anggaran’ dan termasuk statement anggota dewan seharusnya jangan ada bersifat pribadi seperti 71 M untuk kabupaten ‘anonim’  membuat gaduh seolah olah dana sudah dibagi bagi tapi harus mewakili statement lembaga dewan dan diketahui ketua komisi III DPRD sehingga tidak menimbulkan polemik dimasyarakat. Pengurus lainnya Pekat IB yang hadir dalam hal ini OKK DPD Kota Bp.Ardiansyah menambahkan bahwa Dewan dan Pemprov Jambi wajib bersinergi dalam pembangunan Provinsi Jambi dan jangan ada nuansa politis yang ditampilkan yang membuat masyarakat jadi resah dan salah pemahaman terhadap kinerja dewan dan Pemprov Jambi. 
 
Dewan berterima kasih kepada Organisasi masyarakat Pekat IB dan dalam tanggapannya menyampaikan bahwa nanti setelah selesainya pemaparan umum fraksi dan laporan Banggar akan ada konferensi pers khusus dan anggaran akan disiapkan Humas Dewan dengan durasi waktu 1 jam lebih untuk media di Jambi TV menceritakan dan menjelaskan kronologis Tertundanya pembangunan Flyover kepada masyarakat sejelas jelasnya. Ketua Komisi III Bp.Ahmad Fauzi dalam kesempatan ini juga menyampaikan bahwa keseriusan Komisi III DPRD Prov Jambi dalam mendukung pembangunan Provinsi Jambi dengan tindak lanjut siap hadirnya 3  anggota Dewan Komisi V DPR RI yaitu Bp.Sofyan Ali (Fraksi PKB), Bp.H.A.Bakri HM (Fraksi PAN), Bp.Hasan Basri Agus (Fraksi Golkar)  di awal bulan Desember 2019 di Jambi di ruangan ini juga untuk duduk bersama dan membahas Flyover dan Ujung Jabung pelabuhan laut internasional , demikian kata Bp. Fauzi. Dipenghujung acara Pengurus Ormas PEKAT IB dan Komisi III DPRD Prov Jambi berfoto bersama. (Laurentius S)

Leave a Reply