DPC F. SPTI-K. SPSI Ikuti Sosialisasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Disnaker Kota Jambi

Ekonomi Moralitas Nasional
Jambi, SiasatKota.com
 
Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC F.SPTI-K.SPSI) Kota Jambi yang dipimpin Hariyanto Harianja (selaku ketua) beserta 22 PUK yang ada di kota Jambi, menghadiri acara Sosialisasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh pada tanggal 29 Oktober 2019 di Disnakerkota Jambi.
 
Sosialisasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) tahun 2019 bertempat di Aula Disnaker Kota Jambi resmi dibuka oleh Kepala Disnaker Kota Jambi yang diwakili Kabid. ibu Rahmayanti, SH. Hadir juga sebagai Narasumber  Drs.Surungan Sianipar, Kasi PHI Budi Satria dan Jajaran Disnaker kota Jambi. Terkait dalam sosialisasi  melakukan verifikasi keberadaan serikat pekerja atau serikat buruh sesuai dengan Undang Undang No.21 tahun 2000 dan PERMENAKER No. 06/Men/2005 tentang Pedoman Verifikasi Keanggotaan Serikat Pekerja (SP) atau Serikat Buruh (SB). 
 
Menurut  Rahmayanti kegiatan verifikasi tentang formulir isian berkaitan aktifitas masih aktif  atau tidak lagi kegiatan buruh di kota Jambi karena saat ini dari 100 lebih serikat pekerja/serikat buruh yang terdaftar kini yang tinggal  tidak sampai 50 % nya.Untuk melihat berapa jumlah tenaga kerja di suatu organisasi tersebut perlu di data ulang atau verifikasi dalam rangka mendapatkan informasi data akurat yang disampaikan pengurus SP/SB, yang diketahui pihak manajemen perusahaan dan perkembangan keberadaan Federasi SP/SB tahun 2019. 
 
Organisasi berjalan karena ada keterikatan atau masih eksis dari pekerja untuk pekerja sebelum terjadi PHK perlu keterlibatan serikat karena lebih tahu bagaimana keseharian pekerja atau buruh serikat tersebut.  SP/SB merupakan mitra kerja perusahaan, sangat penting dalam menjaga kelangsungan perusahaan serta  meningkatkan kesejahteraan pekerja atau buruh dan keluarganya. Keberadaan SP/SB dapat membantu pemerintah dalam bidang ketenagakerjaan termasuk ikut mengawasi dalam pelaksanaan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan, berperan aktif dalam kelembagaan hubungan industrial bagi yang duduk di LKS Tripartit dan Dewan Pengupahan. 
 
Harianto H, selaku ketua DPC SPTI kota Jambi, yang Juga selaku  Wakil Ketua  LSM BPpK RI Prov Jambi mengucapkan,  Dengan terselenggaranya Sosialisasi  Serikat Pekerja/Serikat buruh yang diselenggarakan Disnaker Kota Jambi ini,  selayaknya seluruh Pengurus Dpc dan Puk F. SPTI-SPSI semakin memahami fungsi sebagai Pengurus. Agar terlaksana pekerja pekerja yang provesional menuju kesejahteraan para anggota dan keluarganya sebagaimana tertuang diAD/ART F. SPT-SPSI. Dan pemberi Kerja, seperti Perusahaan, Nyaman dan lebih Maju, yang dapat dinyatakan keikut sertaan serikat dan  masyarakyat,  mensukseskan tujuan negara. Adil dan Makmur. Katanya (Laurentius S) 
 

Leave a Reply