KPU Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak Lanjuyan Pada Polkada Tahun 2020

Beltim, Siasat Kota –  Bertempat di Fega Cafe Manggar dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Tahapan Pilkada serentak Lanjutan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim tahun 2020 yang merupakan sosialisasi pertama di masa Pandemi Covid-19. Kamis (25/6/2020).

Kegiatan Sosialisasi ini diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Beltim yang dihadiri oleh Ketua DPRD Beltim, Wakil Bupati Beltim Drs Burhanuddin, Forkopimda Beltim, Ketua Bawaslu, Ketua dan anggota KPU Beltim, Pimpinan OPD, Camat, Perwakilan Parpol, Perwakilan Ormas, Tokoh Agama, serta Insan Pers dan Media.

Wakil Bupati Beltim Drs. Burhanuddin, dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan pilkada saat ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya, pilkada tahun ini akan berlangsung ditengah pandemi covid-19, sehingga memerlukan pengaturan regulasi yang mengutamakan keselamatan rakyat secara umum sehingga penyelenggaraannya diperlukan penerapan protokol kesehatan sebagaimana termuat dalam peraturan KPU Nomor 5 tahun 2020.

” Atas nama pemerintah kabupaten Beltim sangat mendukung dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini agar semua orang dapat memahami tahapan dan tatacara pelaksanaan pilkada yang benar, tepat dan aman sesuai protokol kesehatan, dan saya menghimbau seluruh Stakeholder untuk bekerjasama dalam mempersiapkan SOP protokol kesehatan penyelenggaraan pilkada optimalkan sosialisasi tahapan pilkada pada masa pandemi dapat dilakukan semaksimal mungkin.” Papar  Wabup.

Seusai acara sosialisasi, Kapolres Beltim  AKBP Jojo Sutarjo SIK,MH menyambut baik dimulainya tahapan pelaksanaan pilkada lanjutan namun tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ketat.

” pihaknya akan segera menyusun agenda pelaksanaan pengamanan terhadap pesta demokrasi di Beltim, dan pihaknya juga akan segera menentukan jumlah personil , lamanya pelaksanaan tugas dan termasuk cara bertindaknya.  Kami akan kerahkan 2/3 dari kekuatan personil untuk pengamanan pilkada, dan juga kami akan persiapan dibackup dari personil Mapolda dan bantuan dari Polres Belitung serta Brimob. Juga kepada petugas yang berhubungan langsung dengan masyarakat agar di rapid test  sehingga tahu kondisi diri juga sebagai sifat antisipatif.” Terang Kapolres.

Ketua KPU Beltim Rizal ST mengatakan sejak dimulainya tahapan lanjutan penyelenggaraan pilkada per-tanggal 15 juni lalu, ini acara pertama dikarenakan menyesuaikan dengan ketentuan dan protokol kesehatan yang berlaku.dan kesiapan KPU Beltim untuk selenggarakan pemilukada Beltim dari awal hingga akhir.

” Seperti yang kita ketahui bersama bahwa KPU RI, bersama pemerintah telah putuskan bahwa hari-H pemungutan suara pada pemilukada serentak akan dilaksanakan pada tanggal 9 desember 2020 yang akan datang.” Ujar Rizal. ( VM/Ris)

Leave a Reply