Kapolsek Manggar Koordinasi Dan Cek Persiapan Kampong Tegep Mandiri Desa Burung Mandi

Beltim, Siasat Kota _ Kapolsek Manggar AKP Ulung Baehaki berkoordinasi dengan pemerintah Desa yang siap dibuat menjadi Kampong Tegep mandiri. 

Dikutip dari pers rilis Polres Beltim, Kapolsek Manggar beserta Jajarannya, mengecek kesiapan Kampong Tegep mandiri dan Bergotong-royong bersama masyarakat dalam menyiapkan Fasilitas pendukung Kampong Tegep mandiri. Selasa (16/06/2020).

AKP Ulung mengecek lokasi yang siap dijadikan wilayah percontohan Kampong Tegep mandiri di Desa Burung mandi. Seperti, Tempat wisata Pantai burung mandi, tempat wisata dan Ibadah Vihara Dewi Kwan im, pertokoan,tempat ibadah umat Islam,dan kebun jagung untuk ketahanan pangan.

“Di sana kita mengimbau masyarakat seperti protokol kesehatan dengan cara, wajib menggunakan masker, selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, selalu menjaga jarak atau sosial distancing dan pengecekan menggunakan thermogun setiap warga yang masuk,” terang AKP Ulung.

Sekedar informasi, Desa Burung mandi kec. Damar merupakan daerah atau zona hijau Covid-19. Karena itu wilayah ini siap dijadikan percontohan Kampong Tegep mandiri di Kec. Damar Kab. Belitung timur untuk menerapkan New normal.

Dengan bersama-sama, saling membantu dan menguatkan, kami yakin penyebaran covid-19 akan berhasil kita lawan. Desa adalah garda terdepan dalam upaya memutus mata rantai penyebarannya,” ujar AKP Ulung.

Menurutnya, edukasi, sosialisasi, dan disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan program utama kampong tegep mandiri. Selain upaya memotong mata rantai penyebaran covid-19 yang efektif, kampong tegep mandiri juga sebagai persiapan menuju new normal.

“Semoga kita siap menyambut normal baru,” imbuh Kapolsek Manggar.

Kampong tegep mandiri merupakan bentuk keikutsertaan masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Disitu terdapat upaya-upaya nyata masyarakat untuk menghentikan pandemi Covid-19. Upaya preventif dan promotif dilakukan dalam kampong tegep mandiri.

Pemerintah Kecamatan Damar pun berencana membantu keberadaan kampong tegep mandiri. Pihaknya menilai kampong tegep mandiri merupakan garda terdepan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Saya berharap, kampong tegep mandiri bisa tercipta di seluruh desa dan kelurahan di Kec. Damar. Ide dan programnya muncul dari masyarakat sendiri, sebagai upaya menekan penyebaran corona dan persiapan menuju new normal,” urai Camat Damar.

“Keberadaan pertanian sebagai ketahanan pangan menjadi bukti optimisme warga. Sekaligus bukti bahwa warga di sini tetap tegep (tangguh) menghadapi pandemi ini,” kata.

Melihat itu, Kapolsek Manggar pun yakin tidak akan ada penyebaran covid-19 di sana,karena bakal segera teratasi. Ditambah geliat perekonomian yang ada, diyakini pula, warga bakal siap menyambut new normal. “Yang terpenting, tetap selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan,” sebutnya. Agp/nnd ( VM/Ris)

Leave a Reply