Kapolres Beltim Turun Langsung Pantau Pilkades Serentak 2020 Bersama Forkopimda.

Beltim, Siasat Kota – Hari ini Pilkades serentak 2020 Kabupaten Belitung Timur di gelar. Ada 111 TPS yang tersebar dan telah di persiapkan oleh masing-masing Desa yang melaksanakan Pilkades serentak 2020. Persiapan TPS yang dilakukan oleh panitia pelaksana Pilkades di masing-masing Desa telah dilakukan 2 hari sebelum pencoblosan. TPS yang di persiapkan dipastikan memberikan kenyamanan bagi setiap warga yang akan mencoblos atau menggunakan hak suaranya kepada calon Kades yang mana yang akan dipilih sesuai dengan hati nuraninya.

Pilihan warga merupakan harapan baru terhadap kemajuan Desa tempat tinggalnya, tentu Kades terpilih nanti mengemban tugas yang sangat berat, karena ketika mulai resmi dilantik menjadi Kades terpilih, saat itulah amanah warga yang diserahkan ketika hari pencoblosan akan dia emban selama masa jabatannya. Ada yang unik untuk pemilihan Kades kali ini, meskipun masih ditengah pandemi Covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan penangangan Covid-19, para calon Kades ada yang di hadirkan dengan duduk di kursi di luar TPS, ada yang menggunakan foto dengan di cetak ukuran 10 R jadi terlihat jelas, ada yang di minta untuk duduk  di panggung, ada juga yang di dudukkan langsung berhadapan di depan area antrian warga yang telah di panggil namanya kedalam TPS, sehingga sebelum memilih warga bisa melihat terlebih dahulu dan mengenali wajah para calon Kades yang nantinya akan dipilih di bilik suara.

Selaku pihak keamanan yang wajib memberikan jaminan situasi Kamtibmas yang aman, tertib, damai dan harus mengayomi masyarakat. Selain menerjunkan personel untuk melaksanakan pengamanan di setiap TPS dan ditambah dengan lapisan kekuatan Tim patroli wilayah yang di bagi menjadi tiga Tim, Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H juga turun langsung untuk memantau pelaksanaan Pilkades serentak 2020 bersama dengan Forkopimda. Pada saat melakukan pantauan langsung, Kapolres Beltim bersama Forkopimda ayng terdiri dari Wakil Bupati Kab. Beltim Drs. Burhanudin, Ketua DPRD Kab. Beltim Fezzi Ultolseja, SE, M.M, Kajari Belitung Timur Abdur Kadir, SH, M.H, Danramil Manggar Mayor Inf. Djoko Lelono, Dan Pos AL Manggar Lettu Agus dan rombongan lainnya.

Belasan TPS secara acak yang dilakukan pemantauan langsung oleh Kapolres Beltim bersama forkopimda, hasil dari pantauan tersebut situasi dipastikan dalam keadaan kondusif dan antusias masyarakat untuk menggunakan hak suaranya tergolong cukup tinggi. Penerapan protokol kesehatan baik dari pantia yang bertugas di TPS juga di taati oleh warga yang datang ke TPS untuk melakukan pencoblosan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen lapisan masyarakat yang sudah sama-sama menjaga dan menciptakan situasi Pilkades serentak 2020 Kab. Beltim dalam keadaan aman, tertib, lancar dan damai. Ini merupakan kerja keras dari semua pihak dan dukungan dari seluruh masyarakat. Kami apresiasi kepada seluruh petugas panitia yang bertugas di TPS dan warga yang datang untuk menggunakan hak suaranya telah mentaati apa yang menjadi ketentuan pelaksanaan Pilkades hari ini, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19, Memang sudah tugas kami untuk terjun langsung memantau pelaksanaan kegiatan seperti yang dilaksanakan hari ini yaitu Pilkades serentak ayng dilaksanakan di 19 Desa Kab. Beltim. Tujuannya untuk memastikan dan menjaminkan kepada masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya datang ke TPS dalam kondisi sitausi yang kondusif. Selaku pihak keamanan di wilayah Kab. Beltim dan bertanggung jawab secara langsung atas jaminan keamanan tersebut, kami mempunyai tolak ukur terkait masalah keamanan dan yang paling penting keselamatan dan keamanan masyarakat adalah prioritas tugas kami,” tegas Kapolres Beltim. ( */Ris)

Leave a Reply