Kapolres Beltim Perintahkan Jajaran Untuk Terjun Langsung, Dorong Dan Motivasi Tiga Pilar Wujudkan Kampong Tegep Mandiri

Beltim, Siasat Kota, Polres Beltim –  Menghadapi pandemi covid-19 berbagai langkah telah diambil dan dilaksanakan oleh berbagai elemen baik di Pemerintahan, TNI, Polri sampai masyarakat telah melakukan berbagai antisipasi guna pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Berdasarkan pers rilis humas Polres Beltim, sudah beberapa langkah nyata yang dilakukan seperti memasang spanduk protocol kesehatan, menghimbau dan mengedukasi  secara langsung di tempat berkumpulnya masyarakat seperti pasar, menerapkan PSBB dan sebagainya.

Untuk di wilayah Kabupaten. Belitung Timur sendiri, Polres Beltim yang di pimpin oleh AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H sudah memerintahkan kepada jajaran untuk tanpa bosan berikan himbauan dan edukasi terkait cegah dan putuskan rantai Covid-19 ditengah-tengah masyarakat. Polres Beltim sampai sejauh ini telah melakukan langkah-langkah, selain himbauan dan edukasi kepada masyarakat, kepada pelaku usaha, pusat perbelanjaan, pasar, warung kopi sampai turun langsung ke Desa-desa, juga memberikan bantuan sosial yang bersifat kemanusiaan seperti melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas umum dan perkantoran dengan bekerja sama pihak Pemerintahan, TNI dan petugas gugus Covid, kemudian menyalurkan bantuan sosial berupa beras dan paket sembako lainnya bagi warga yang membutuhkan dan terdampak pandemi Covid-19.

Atas perintah Kapolres Beltim, jajaran di Polres Beltim diminta untuk mendorong dan memotivasi masyarakat tentang penerapan new normal yang mana pelaksanaannya masyarakat harus bersikap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut di kemas dalam suatu program sesuai dengan petunjuk dari Kapolda Kep. Babel Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat yaitu Kampung Tegep Mandiri (KTM). Dimana ada berbagai kriteria atau indikator dalam penerapan Kampung Tegep mandiri, mulai dari petugas kesehatan, unsur tiga pilar (TNI-Polri dan Pemerintahan Desa), tersedianya fasilitas kesehatan seperti masyarakat sudah menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di depan rumah masing-masing, di tempat perbelanjaan, tempat ibadah dan masyarakat sudah paham serta disiplin dalam menerapkan kehidupan sehari-hari sesuai dengan protokol kesehatan. Dan juga untuk memberdayakan masyarakat yang mana bisa mendongkrak baik pendapatan maupun untuk kebutuhan di suatu Desa bisa terpenuhi. 

Polres Beltim memberikan dorongan dan motivasi secara penuh kepada masyarakat dengan  memanfaatkan lahan tidur yang ada, baik untuk pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan yang dikemas dalam suatu program dari Pemerintah yaitu ketahanan pangan nasional sebagai pendukung tertib dan disiplinnya masyarakat terkait pelaksaan protokol kesehatan di Kampung Tegep Mandiri. (*/Ris)

Leave a Reply