Asap Menyelimuti Jambi. Pernafasan Sesak, Jarak Pandang Terganggu, dan Mata Perih

DAERAH Kesehatan
Jambi, SiasatKota.com
 
Kondisi cuaca di jambi, dapat dinyatakan tidak sehat, masyarakyat sudah banyak yang sesak bernapas, batuk dan tergeletak sakit, dikarenakan asap yang semakin bertambah menyelimuti Jambi. 
 
Berdasarkan data Air Quality Monitoring System (AQMS) Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kota Jambi, bahwa kecenderungan kualitas udara akhir-akhir ini pada pagi hingga siang hari berfluktuasi berada DIATAS BAKU MUTU atau berada diatas batas tenggang yang diperbolehkan keberadaannya, berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor 12 Tahun 2010, dengan kategori SANGAT TIDAK SEHAT hingga BERBAHAYA. 
 
Berdasarkan data AQMS tersebut, kecenderungan kualitas udara Parameter PM2.5 akumulasi tanggal 16 s.d 19 September 2019, pada pagi hari hingga siang hari (pukul 07.00 WIB s.d 15.00 WIB), terdapat konsentrasi tertinggi pada tanggal 19 September 2019 dengan nilai 382 kategori BERBAHAYA. Maka, Pemerintah menyampaikan kepada:
1. Seluruh Korwil dilingkungan Disdik Kota Jambi dan Madrasah di lingkungan Kemenag Kota Jambi.
2. Kepala TK/PAUD Negeri/Swasta/Sederajat
3. Kepala SDN/swasta/Madarasah Ibtidaiyah/sederajat
4. Kepala SMPN/ swasta/Madrasah Tsanawiyah/sederajat
5. Para Siswa dan Orangtua Siswa
 
Bahwa dengan berpedoman pada MAKLUMAT WALIKOTA JAMBI, Nomor : 180/179 /HKU/2019, Tentang Antisipasi Dampak Kabut Asap, dan berdasarkan hasil koordinasi Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kota Jambi, Dinas Kesehatan Kota Jambi serta Dinas Pendidikan Kota Jambi, terkait dengan dampak udara terhadap Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Maka guna MELINDUNGI siswa dari DAMPAK KABUT ASAP, agar melaksakan kebijakan sebagai berikut :
1. Untuk besok, tanggal 20 dan 21 September 2019, siswa TK/PAUD, SD dan SMPN/Swasta/Sederajat *DILIBURKAN* 
2. Bagi Kepsek, Guru, TU, dan lainnya, *tetap masuk kerja* seperti biasa.
3. Selama libur, *Guru tetap memberikan tugas kepada siswanya agar siswa tetap belajar dirumah masing-masing.*
4. Setelah waktu libur yang ditetapkan, KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), berjalan sebagaimana biasanya sambil menunggu keputusan berikutnya. 
5. Pihak sekolah diminta aktif melakukan pemantauan kondisi udara melalui data realtime AQMS / DLHD Kota Jambi, yang direlease Dinas Pendidikan Kota Jambi dan Humas Pemerintah Kota Jambi melalui saluran-saluran komunikasi, seperti sambungan telpon, pesan singkat What’sapp, Media Sosial maupun Media Massa.
Kebijakan ini akan disesuaikan seperlunya dengan memperhatikan kondisi udara sebagaimana amanat dalam Maklumat dimaksud.
 
Pemberitahuan ini dilaksanakan untuk, disebarluaskan dan diinformasikan kepada masyarakat Kota Jambi.sebagai antisipasi agar masyarakat tetap menjaga kesehatan, mengurangi aktifitas diluar rumah terlebih ditempat yang asap banyak mengepul. (Dewi btr2)

Leave a Reply